STUDI TIRU INSPEKTORAT KOTA MALANG

SHARE

Sidoarjo, (8/10/2022) – Dalam rangka Optimalisasi Pelaksanaan Evaluasi Benturan Kepentingan Penanganan WBS (Whistle Blowing Syistem) dan Gratifikasi di Lingkungan Pemerintah Kota Malang,pada kesempatan ini Inspektorat Kota Malang melakukan studi tiru di Inspektorat Daerah Kabupaten Sidoarjo. Dari Inspektorat Kota Malang dihadiri oleh Inspektur Pembantu 1 beserta staff Auditor, Staff Sekretariat dan staff P2UPD yang berjumlah 12 orang.

Pertemuaan dilaksanakan di ruang rapat Delta Putri Inspektorat Daerah Kabupaten Sidoarjo yang dibuka langsung oleh Inspektur Pembantu 4 Drs. Moch. Solichin, yang sekaligus bertindak sebagai narasumber. Acara dibuka dengan pemaparan gambaran umum organisasi, dilanjutkan dengan pemaparan pelaksanaan evaluasi benturan kepentingan, penanganan WBS dan penanganan gratifikasi yang di terapkan oleh Inspektorat Daerah Kabupaten Sidoarjo. Kegiatan ini diharapkan dapat  memberi tambahan ilmu dan wawasan kepada Inspektorat Kota Malang.

Selanjutnya Inspektur Pembantu 4 memberikan presentasi terkait hasil inovasi Inspektorat Daerah Kabupaten Sidoarjo yaitu aplikasi e-WBS  yang dalam waktu dekat akan segera diluncurkan. Aplikasi e-WBS adalah aplikasi pengelolaan pengaduan terkait penyalahgunaan wewenang berbasis web. Dibantu oleh tim IT Inspektorat Daerah Kabupaten Sidoarjo, pembuatan web WBS ini diharapkan mampu untuk mempermudah masyarakat melakukan pengaduan penyalahgunaan wewenang yang terjadi di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Sidoarjo.  Kegiatan ini dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan berbagi pengalaman dalam menjalankan fungsi pengawasan masing-masing yang dilaksanakan secara antusias.